Tuesday, 18 June 2013

3 Langkah Mudah Untuk Menentukan Ide Bisnis

 
Ide Bisnis

Sebagai seorang pebisnis, tugas anda adalah menjadi seseorang yang hidup di masa depan, selalu mempersiapkan diri dalam persaingan yang ketat, bahkan dalam menentukan produk yang akan dijual sangatlah butuh ide-ide besar.

Namun sering kali dalam menentukan sebuah ide besar kita selalu terbentur dengan aturan- aturan yang sudah ada sebelumnya, seperti bagus atau jelek, layak dan tidak layak, mulai sekarang cobalah anda berfikir "Out Of The Box" lupakan setiap kotak-kotak yang ada, berfikirlah seliar mungkin.

Namun untuk berfikit secara Out Of The Box membutuhkan latihan, untuk melenturkan otot-otot kreatif pada otak anda cobalah tiga latihan ini:


1. Coba Membayangkan Situasi Dengan Kebalikannya



Misalkan saat anda anda berkunjung untuk makan di restoran cobalah untuk berfikir secara radikal, contoh biasanya saat anda pergi untuk makan di restoran anda pasti sudah berfikir bahwa pelayan akan memberikan menu lalu anda memilih menu yang sudah tersedia setelah itu sang koki pun menyiapkan pesanan anda, cobalah untuk berfikir sebaliknya misalkan anda pergi ke restoran lalu anda membawa bahan makanan sendiri lalu sang koki membuat makanan sesuai keinginan anda atau restoran hanya menyediakan bahan makanan dan pelanggan memasaknya sendiri di meja mereka.

Menurut Barry Staw seorang organisasi behavioris di University California , Berkeley, latihan ini dapat menyebabkan ide- ide bisnis baru yang menarik. Contoh: Bag Borrow or Steal dan Rent the Runway, keduanya memungkinkan pelanggan untuk menyewa barang" branded.

2.Langgar Peraturan Yang Ada

 Untuk melatih kreativitas anda harus melanggar norma-norma" kara Staw. Praktek melanggar aturan yang berbahaya dan dapat mempermalukan diri anda, misalkan anda membaca surat cinta di Mall yang penuh sesak, atau anda menari-nari di Mini market.

Intinya adalah adalah membuat anda merasa nyaman, bahwa semuanya tidak seburuk yang anda fikirkan sebelumnya, bahkan orang" yang melihat kegilaan anda akan mengabaikan dalam seketika, tohh belum tentu di dalam mall atau mini market mengenali anda.

Itu semua akan memaksa anda mengumpulkan keberanian dalam mengambil resiko kreatif, agar tidak lagi terbentur oleh aturan-aturan yang sudah ada sebelumnya. Anda akan memaksa otak anda keluar dari zona nyaman.

3. Selalu Mencatat Segala Kejanggalan Disekitar Anda





Ketika anda menjalani aktifitas sehari-hari, selalu catat kejanggalan/keluhan disekitar anda, misalkan koneksi internet yang lambat atau pesanan baju yang anda beli online tidak sesuai. Biasanya, jika ada kejanggakan yang mengganggu anda, berarti ada celah bisnis.

Dengan menemukan masalah/kejanggalan di sekitar anda tentunya anda bisa memikirkan solusinya dan itulah peluang bisnis bagi anda.

Semoga bermanfaat jika ada yang ingin ditanyakan silahkan follow Twitter saya @SuksezMuda .