Saturday, 18 May 2013

Berkenalan Dengan A.I.D.A



Di post kali ini saya akan mengajak berkenalan dengan A.I.D.A, sebenernya A.I.D.A bukanlah seorang wanita cantik yang mengoda banyak pria untuk memilikinya, melaikan A.I.D.A adalah strategi beriklan, baik menggunakan Social Media atw pun menggunakan Media Offline, dan A.I.D.A adalah strategi beriklan yang sangat menggoda banyak orang untuk memiliki produk anda.



Beriklan/promosi sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan atau mengedukasi konsumen anda, tapi sayangnya masih banyak orang yang beriklan terutama di media social secara salah dan tidak menarik, alhasil tidak menghasilkan apapun.


"Tujuan dari iklan itu hanya satu, yaitu mengajak/mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu"

Nah sekarang liat konsep dasar dari A.I.D.A







Setelah tau konsep dasarnya berikut cara menggunakan A.I.D.A


1. Attention/Attract/Awareness
Buat pernyataan yang menangkap perhatian orang. Bikin kata atau gambar yang powerful yang bisa menarik perhatian hingga orang berhenti dan memperhatikan isi pesan berikutnya"Mencuri perhatian". Caranya ada dua yaitu melalui Masalah (yang akan kita berikan solusinya) atau melalui Harapan (yang akan kita berikan jalannya).
Anda hanya perlu membayangkan apa yang ada di dalam hati pembaca Anda. Apa problem yang mereka miliki?. Apa harapan mereka? Lalu, buatlah pernyataan yang mengejutkan, bisa dengan bentuk pertanyaan atau menawarkan solusi, memberikan jalan keluar atw solusi, dan menunjukkan cara mencapai impian mereka. Fokuslah pada diri pembaca Anda. Sebagai contoh, “Ingin Menambah Tinggi Badan?” itu lebih menarik daripada “Jual Obat Penambah Tinggi Badan”

2. Interest
Kebanyakan iklan yang kurang efektif melalaikan tahap ini. Di tahap inilah target bersedia memberikan waktunya untuk membaca pesan kita lebih detail. Bangun minat pembaca dengan memberikan janji solusi atas masalah atau harapan mereka. Cara yang baik ialah dengan menjelaskan Fitur dan Keuntungan jika membeli produk anda "Benefit". Jangan hanya memberikan fakta dan fitur saja, dan merasa pembaca akan berpikir sendiri benefit yang akan didapat. Jelaskan sejelas-jelasnya benefitnya untuk meningkatkan interest "keinginan untuk membeli" mereka. Jadi, bukan hanya berkata, “Dengan membeli produk kami tinggi badan anda akan bertambah”, tapi jabarkan apa isinya “Dengan membeli produk kami anda akan bertambah tinggi 10cm per minggu tanpa harus berolah raga...dsb

3. Desire
Langkah ini untuk membuktikan bahwa kita memberikan solusi yang tepat. Ingat, orang bisa tertarik secara emosional tapi kemudian mereka membenarkan dengan logika. So, cara yang efektif ialah dengan memberikan Data Statistik atau Testimoni dari pelanggan atau orang yang terpandang. Saat ini Anda belum cukup hanya berkata bahwa, contoh, “Ini Obat Terbaik”, tapi pembaca akan tertarik jika Anda menyatakan “Ini Obat Terbaik Dan Inilah Testimoni Dari Konsumen Kami Yang Sudah Menggunakannya!

4. Action
Akhirnya, jelaskan langkah apa yang Anda inginkan untuk pembaca lakukan. Bimbing mereka. Mereka hanya akan bertindak jika Anda menjelaskan langkah-langkahnya dan kadang juga perlu diberitahu harga untuk tindakan itu. Berbagai contoh: “Telepon sekarang:…”, “Kunjungi….”, “Dapatkan di….”, “Pesan sekarang…”. Selain itu berikan juga batasan agar pembaca melakukannya secepat mungkin misal “Untuk 50 pembeli pertama”, atau “Discount berlaku sampai tanggal ….”.

Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan penjualan anda...
Cara ini juga dapat diterapkan di bisnis online menggunakan SocialMedia atw Marketplace seperti kaskus, yukbisnis atw tokobagus..